Anak Mengidap Demam Berdarah? Ini yang Bisa Anda Lakukan!

Anak Mengidap Demam Berdarah? Ini yang Bisa Anda Lakukan!

Selasa, 19 Maret 2019

Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai di musim penghujan ini. Curah hujan tinggi dengan kondisi lingkungan yang kurang bersih akan membuat banyak genangan air baik di selokan maupun di tempat cekung lainnya.

Anak Mengidap Demam Berdarah? Ini yang Bisa Anda Lakukan!

Tampungan air yang tidak mengalir tersebut dapat menjadi rumah bagi para jentik nyamuk aedes aegepty untuk beranak pinak dan menyebarkan demam berdarah.

Jika sudah terkena demam berdarah, pasien terutama anak-anak akan mengalami demam hingga menggigil serta timbul bintik-bintik merah di kulit yang menjadi gejala berkurangnya trombosit.

Trombosit merupakan sel darah merah yang memiliki peranan penting dalam tubuh. Kekurangan trombosit dapat mengakibatkan tubuh mengalami pendarahan di dalam sehingga timbul bintik di kulit dan adanya darah pada berak.

Jika tidak ditangani secara cepat, hal ini akan berbahaya karena peredaran darah sistemik dapat terganggu. Cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah sendiri bisa dilakukan dengan memberikan transfusi darah sehingga kadar trombosit dapat kembali dengan cepat, serta melakukan penambahan asupan makanan yang dapat menstimulasi produksi sel darah merah seperti jambu biji.

Selain mengobati tubuh dari dalam, Anda juga harus menghilangkan gejala yang timbul di luar seperti demam yang dirasakan anak.

Dokter pastinya akan memberikan obat penurun panas selama si kecil demam. Namun untuk mempercepat hasilnya, Anda juga boleh mengompres si kecil dengan air hangat.

Selain mengompres di bagian dahi, Anda juga bisa mengusapkan handuk hangat ke bagian badan si kecil yang juga terasa panas. Selalu usahakan agar si kecil mau makan meski sedikit agar tubuh tidak terlalu lemas.

Untuk menunjang proses penyembuhannya, berikan anak susu atau suplemen lengkap dengan kandungan multivitamin serta DHA.

Peran DHA untuk kecerdasan otak anak bukanlah satu-satunya manfaatnya sebagai kandungan zat aktif dalam susu atau suplemen namun juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terutama sel saraf anak saat sakit.

Dengan pemberian susu dan suplemen yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang diharapkan si kecil akan lebih cepat sembuh dari penyakit demam berdarah.