Ini dia Informasi yang Perlu Dimasukkan ke dalam Company Profile

Kamis, 26 Desember 2019

Ini dia Informasi yang Perlu Dimasukkan ke dalam Company Profile

Mungkin ada banyak pebisnis yang meremehkan company profile, dan menganggapnya sebagai elemen yang paling tidak perlu dipikirkan dalam-dalam ketika mengembangkan bisnis, termasuk design logo keren.

Padahal company profile penting artinya. Pertama-tama, company profile – dan juga design logo keren - bisa jadi alat untuk memperkenalkan bisnis Anda ke banyak orang.

Logikanya begini. Semakin banyak orang yang tahu apa yang Anda lakukan, semakin mudah mereka kenal dengan Anda, bukan?

Artikel ini akan memberikan beberapa insight penting mengenai kegunaan company profile dan mengapa elemen satu ini perlu diperhatikan setiap kali Anda berusaha membangun bisnis dari nol.

Mengenal company profile dan fungsinya

Mengenal company profile dan fungsinya

Setiap company profile biasanya berisi deskripsi singkat tentang perusahaan, layanan maupun produk yang dijual, sejarah perusahaan, sampai portfolio proyek yang pernah dilakukan – khusus untuk bisnis yang menawarkan jasa.

Biasanya ada pula pebisnis yang mencetak company profile dan membagikannya kepada calon konsumen/klien potensial pada sebuah acara pameran bisnis.

Sementara ada juga yang memilih memajang profil perusahaan di situs bisnis yang mereka kelola, dengan harapan bisa menjaring lebih banyak peminat di dunia maya.

Apapun pilihannya, company profile pada dasarnya berfungsi untuk mengenalkan perusahaan maupun bisnis Anda kepada publik.

Karena fungsinya yang cukup penting, Anda perlu memperhatikan bagaimana sebuah profil disajikan, apalagi bila Anda memang berniat bekerjasama dengan desainer untuk sebuah proyek pembuatan company profile.

Informasi yang harus ada dalam company profile

Apa saja informasi yang harus ada dalam sebuah company profile? Ketika berniat bekerjasama dengan desainer lepas dalam proyek pembuatan company profile, Anda mesti memastikan informasi berikut ini ada di dalam profil perusahaan Anda.

      • Suara CEO

Suara CEO

Seorang CEO adalah ujung tombak perusahaan. Karena itu ceritanya tentang bagaimana perusahannya berdiri, apa yang dilakukan bisnisnya, dan bagaimana bisnis tersebut memberikan solusi bagi konsumen, adalah hal-hal penting yang bisa dijabarkan seorang CEO di dalam company profile.

Anda bisa menyajikan cerita seorang CEO lewat video, artikel, ataupun infografis yang memuat informasi-informasi penting seperti disebut di atas.

Jadi jangan lupakan suara CEO setiap kali Anda terlibat dalam proyek pembuatan company profile. Sebab artinya sangat penting. Informasi tersebut bisa jadi membuat perusahaan Anda jadi lebih “intim” dengan calon konsumen Anda.

      • Sejarah berdiri perusahaan

Ini bisa dilakukan bila Anda sudah menjalankan bisnis dalam waktu lama, dan nilai brand Anda mulai terbentuk dan dikenal banyak orang. Buatlah cerita yang membuat orang tersentuh, misalnya jatuh bangun perusahaan Anda, atau bagaimana bisnis Anda membantu banyak orang untuk memecahkan persoalan hidup mereka.

Misalkan bisnis Anda memiliki design logo keren, ceritakan juga nilai filosofisnya. Dengan begitu orang lain akan lebih memahami bisnis Anda secara menyeluruh.

      • Apa yang Anda jual

Apakah perusahaan Anda memberikan jasa, atau Anda menjual produk untuk membantu orang membayar lebih mudah lewat ponsel mereka?

Apapun itu, usahakan untuk menerangkannya langsung kepada publik yang melihat langsung profil perusahaan Anda. Ini penting. Sebab apalah artinya produk atau jasa yang Anda hasilkan, bila orang lain tidak tahu fungsinya?

      • Khusus penjual jasa: sertakan portfolio

Portfolio menempati arti khusus bagi pemilik bisnis yang menjajakan jasa, apapun bentuknya. Fungsinya adalah untuk memperkenalkan kualitas kerja jasa Anda, sekaligus melihat contoh pekerjaan yang pernah dilakukan bisnis Anda sebelumnya.

      • Ceritakan keberhasilan Anda

Ada banyak cara untuk melakukannya. 

Kalau bisnis Anda menjual jasa, ceritakanlah satu persatu testimoni yang diberikan oleh konsumen atau klien Anda. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan bila bisnis Anda menjual produk tertentu ke publik.

Dengan begitu, orang lain akan memahami seberapa baik produk maupun jasa yang Anda jual, dan apakah konsumen menerimanya dengan baik.

      • Jangan lupakan informasi lainnya

Design logo keren, alamat bisnis, nomor kontak yang mudah dihubungi, serta siapa saja anggota tim yang terlibat, perlu disertakan juga dalam profil perusahaan. Agar orang tahu bagaimana cara menghubungi Anda, dan juga tahu siapa saja yang berada di balik bisnis Anda.

Demikianlah informasi penting yang perlu dipertimbangkan ketika Anda terlibat dalam pembuatan company profile.

Oh ya. Kalau Anda mencari desainer profesional yang sanggup membuat company profile yang enak dipandang mata dan informatif, Sribulancer menyediakan platform marketplace freelancer yang akan membantu Anda menemukan pekerja lepas yang tepat untuk kepentingan pembuatan profil perusahaan yang menjual!