Inilah Alasannya Mengapa Imunitas Mampu Lawan Virus Corona

Inilah Alasannya Mengapa Imunitas Mampu Lawan Virus Corona

Rabu, 22 April 2020

Kekebalan tubuh diperlukan untuk dapat melawan virus corona oleh karena itu sistem imun yang berada dalam tubuh manusia bekerja seperti militer dan memiliki fungsi dalam menjalankan tugas untuk menjaga tubuh sehingga mampu melawan infeksi dari kelenjar getah bening dan sumsum tulang yang dapat menghasilkan sel darah putih. Setiap harinya tubuh akan bertemu ribuan bakteri dan tidak semuanya berbahaya karena terdapat mikroba baik dalam menjaga kesehatan seperti bifidobacteria dan lactobacillus untuk membantu kelancaran pencernaan di usus. Sesuai dengan penelitian rasa bahagia akan membuat kekebalan tubuh semakin kuat dan emosi positif akan mengurangi infeksi pada dada, dan orang yang tidak bahagia akan tiga kali lebih mengalami flu dan semakin bahagia akan mengurangi stres dan imun tubuh bekerja lebih baik.

Inilah Alasannya Mengapa Imunitas Mampu Lawan Virus Corona

Hal yang membuat imunitas tubuh menurun adalah kurang tidur dikarenakan banyak aktifitas yang membuat seseorang menjadi sulit tidur, hal ini akan membuat tubuh mengalami batuk, pilek dan penyakit lain yang berhubungan dengan kesehatan fisik dan mental, serta meningkatkan hormon stres. Jarang bergerak atau jarang berolahraga seperti kegiatan terlalu lama menggunakan smartphone, bermain games dalam waktu lama akan membuat seseorang tidak merasakan bahagia dan tidak membuat tubuh dapat nyenyak tidur. Terlalu banyak mengonsumsi gula dan garam namun kurang mengonsumsi sayur dan buah, kekebalan tubuh akan terganggu karena adanya lemak jenuh dan sebaiknya memperbanyak mengonsumsi vitamin C dan E yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

Untuk mendapatkan imunitas tubuh yang baik maka dapat dipenuhi dengan makanan laut dan sarden yang mencegah kerusakan sel dan kandungannya terdapat mineral, antioksidan dan selenium yang menjaga kekebalan tubuh, penyakit kanker dan jantung, kandungan ini juga dapat ditemukan pada biji bunga matahari, tuna, biji chia, mackerel, sarden, salmon dan daging sapi. Sup ayam memberikan nilai nutrisi untuk protein, vitamin C, zat beso dan zinc. Zinc memberikan nilai lebih untuk membantu tubuh dalam melawan virus dan sayuran pelengkap dalam sup akan memperlambat migrasi darah putih menuju saluran pernapasan atas serta menghilangkan gejala demam.

Selain itu, untuk menambah imunitas maka sebaiknya mengonsumsi buah-buah dengan kandungan vitamin C. Vitamin C memberikan nilai lebih untuk kekebalan tubuh sehat asalkan sesuai dengan persyaratan takaran, biasanya wanita membutuhkan 75 mg dan pria membutuhkan 90 mg kandungan vitamin C. Yogurt dengan kandungan buah akan membantu probiotik sebagai bakteri baik dalam membantu kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Dapat juga mengonsumsi jahe yang baik untuk ramuan dan membantu sistem paru lebih baik, meningkatkan nafsu makan, memperkuat energi dan baik untuk daya tahan tubuh.

Salah satu kelemahan dari virus corona adalah infeksi yang dirasakan mulai dari ringan hingga parah. Pasien yang memiliki gejala ringan akan sembuh jika memiliki daya tahan tubuh. Berdasarkan penelitian Australia menyebutkan bahwa antibodi sehat akan membantu penyembuhan. Untuk gejala yang sedang pada hari ke 7 dan 9 menunjukkan antibodi terbentuk untuk memerangi virus.


Alasan inilah yang membuat virus corona dapat dikalahkan oleh imunitas tubuh. Imun akan memerangi benda asing yang masuk dalam tubuh. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh maka dapat memanfaatkan cahaya matahari untuk meningkatkan vitamin D3 yang baik untuk daya tahan tubuh. Dalam melawan pandemi ini sebaiknya bersatu tangan tanpa harus menyalahkan satu sisi dan mendukung kebijakan pemerintah dan jika merasa tidak enak badan maka dapat konsultasi online melalui Halodoc.