Tips Merawat Peralatan Makan Bayi

Senin, 05 Oktober 2020

Seperti yang sahabat tahu bahwa bayi masih sangat sensitif sehingga hampir semua rangkaian perawatannya perlu diperhatikan. Tidak terkecuali peralatan makannya yang harus bersih dan steril. Berikut ini ada tips merawat peralatan makan bayi yang tidak boleh dilewatkan. 

Tips Merawat Peralatan Makan Bayi

Pastikan Tangan Bersih

Sebelum membersihkan peralatan makan si bayi, pastikan tangan kamu bersih dari berbagai kotoran dan kuman. Bersihkan tangan dengan mencuci menggunakan sabun yang lembut dan memiliki kandungan antiseptik. Dengan begitu perpindahan kuman dan virus dari tangan kamu ke peralatan makan bayi dapat dicegah dengan segera. Setelah itu lap tangan menggunakan handuk kering atau kamu juga bisa menggunakan tisu bersih. 

Lepas Semua Komponen Alat Makan Bayi

Komponen alat makan bayi yakni seperti botol susu yang sebelum dicuci harus dilepas dulu bagian kepala, ring dan karetnya. Lalu cuci hingga ke sela-sela terkecil, bila perlu kamu juga dapat menggunakan sikat khusus untuk menjangkau sela yang sulit dibersihkan. 

Hal ini dilakukan agar tidak ada tempat untuk bakteri berkembang biak sehingga bayi senantiasa dalam kondisi aman. Kebanyakan dari ibu-ibu muda yang mencuci peralatan makan dengan cara mengocok air sabun di dalam botolnya, padahal itu tidak efektif untuk membersihkan bakteri. Jadi, jangan abaikan cara perawatan alat makan bayi Anda. 

Pilih Sabun dengan Bahan Aman

Kamu pasti sudah tahu kalau saat ini telah banyak produk sabun yang bisa digunakan untuk perawatan alat makan bayi. Sabun-sabun tersebut dinyatakan aman untuk bayi karena terbuat dari bahan yang aman sehingga tidak berdampak negatif pada pertumbuhan bayi. Kandungan sabun khusus alat makan bayi ini biasanya terdiri dari bahan yang lebih lembut dibandingkan sabun cuci piring biasa. Komposisinya antara lain adalah moisturizer, anti bakteri serta aroma wangi yang tidak terlalu menyengat yang pastinya aman. 

Sikat Khusus

Kamu bisa menggunakan sikat khusus seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sikat ini bisa digunakan untuk membersihkan botol susu bayi serta sela-sela peralatan yang sulit dijangkau. Alat ini sangat membantu karena kamu dapat membersihkan peralatan makan si bayi secara maksimal. Sebaiknya letakkan sikat ini di tempat yang berbeda dengan sikat pembersih alat makan dewasa agar tidak tertukar. Penggunaannya bisa dimulai dengan menggosok bagian bibir botol bayi hingga ke bagian dalamnya agar pembersihan dilakukan dengan maksimal. 

Bilas dengan Air Mengalir

Setelah melakukan proses pencucian seluruh alat makan bayi, maka bilaslah semuanya dengan air yang mengalir. Air yang telah ditampung tidak efektif untuk mencuci peralatan makan si bayi karena berisiko dihinggapi bakteri. Ketika kamu menggunakan air mengalir untuk membilas alat makan bayi maka risiko perpindahan bakteri dari peralatan makan bayi yang lain juga sangat kecil. Pencucian dengan air mengalir juga dinilai lebih higienis. 

Rendam Air Panas

Perendaman alat makan bayi menggunakan air panas dapat membunuh kuman serta virus yang tersisa dari proses pencucian. Sediakan air panas dalam baskom dan rendam semua alat makan bayi guna untuk disterilkan. Hal ini cukup dilakukan selama kurang lebih 5 menit agar alat makan bayi tidak berubah bentuk. Apabila kamu ingin lebih praktis, maka gunakan sterilizer yang telah dilengkapi dengan teknologi PTC heater dan double power. Alat makan bayi kamu jadi steril dan aman digunakan. 

Sekian penjelasan mengenai tips merawat peralatan makan bayi. Semoga membantu.