BEBAS BAU APEK DI MUSIM HUJAN DENGAN AROMA PARFUM

Jumat, 18 Desember 2020

Indonesia sudah memasuki akhir tahun, dimana musim penghujan telah tiba. Menjemur pakaianpun yang biasanya tidak seharian bisa kering kini bisa mencapai 2 hari baru bisa kering. 


BEBAS BAU APEK DI MUSIM HUJAN
Image : unsplash.com


Pengalaman saya ketika musim penghujan seperti ini, pakaian mudah sekali bau apek karena tidak adanya matahari yang membuat pakaian kering, akan tetapi pakaian tetap basah sepanjang hari.


Sampai saya mencari pewangi pakaian dengan parfum wangi tahan lama dan saya tertuju dengan pewangi baju bernama royale by soklin dimana banyak sekali varian-varian aroma parfum yang ditawarkan.


Sedikit tips yang bisa saya berikan selain menggunakan parfum wangi tahan lama seperti pewangi baju royale by soklin anda bisa melakukan hal kecil seperti :


1. Pastikan cucian Anda benar-benar bersih dan tak ada kotoran menempel.


2. Saat akan mencuci, pisahkan pakaian berdasarkan jenis bahannya. Pisahkan pakaian berbahan ringan dengan tebal sehingga proses pengeringan pakaian di mesin cuci akan lebih maksimal.


3. Pastikan cucian sudah tak memiliki sisa air di serat kainnya. Jika biasanya hanya mengeringkan pakaian dalam satu putaran mesin cuci saja, Anda bisa menambah putarannya. Ini hanya untuk memastikan agar sisa airnya benar-benar habis.


4. Jemur cucian di luar rumah. Sekalipun tak ada matahari, Anda bisa tetap menggantungnya di teras agar terkena angin. Jika hujan terlalu lebat, jemur baju di dalam rumah juga bisa dilakukan. Namun, jangan lupa gunakan kipas angin. Anda juga bisa menjemurnya dalam ruangan dengan lampu menyala.


5. Beri jarak yang cukup antarpakaian. Jangan karena banyak cucian Anda lantas menumpuk cucian satu sama lain. Jarak antarpakaian ini akan membantu mempercepat pengeringan pakaian. Lagipula menumpuk pakaian akan membuat pakaian justru jadi bau apek.


6. Manfaatkan handuk kering. Letakkan handuk kering di dasar mesin pengering. Lalu putar alat pengering. Handuk akan membantu menyerap sisa air dari pakaian.


7. Jangan lupa untuk menggunakan pewangi pakaian. Pewangi pakaian akan membantu mengurangi risiko pakaian berbau apek.


8. Bilas baju sampai benar-benar bersih. Cek kebersihannya engan melihat gelembung sabun dari air. Jika air bilasannya sudah tak ada gelembung, berarti pakaian sudah bebas deterjen. Sisa deterjen yang menumpuk akan membuat bau tak sedap.


9. Ada baiknya memilih deterjen yang menggunakan campuran ekstrak lemon di dalamnya. Seperti diketahui, lemon berfungsi untuk membuat pakaian jadi lebih harum dan bersih. Aroma lemon juga bertahan lebih lama daripada deterjen aroma bunga.


10. Jangan menumpuk baju setelah kering. Jika baju sudah kering atau setengah kering, sebaiknya langsung digosok.


11. Dibanding dijemur dengan dilipat, sebaiknya jemur pakaian dengan cara digantung. Menggantung baju juga akan membuatnya jadi lebih cepat kering.